Pemberian Kosakata dalam Bahasa Inggris dengan Menggunakan Metode Total Physical Response dan Lagu pada Siswa-Siswa Pondok Pesantren Pengasinan Depok

Sjafty Nursitti NP Maili, Mayang Pipiet, Dewi Mutiara Indah Ayu

Abstract


Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat adalah memberikan materi bahasa Inggris dengan menggunakan metode Total Physical Response dan lagu . Dalam mengadakan pengabdian masyarakat ini, judul “Pemberian Kosakata dalam bahasa Inggris dengan menggunakan Metode Total Physical Response dan Lagu pada siswa - siswa Pondok Pesantren Pengasinan Depok”. Langkah- langkah rencana kegiatan adalah sebagai berikut; 1) Perencanaan, Persiapan dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dituangkan dalam perencanaan; 2) Pelaksanaan, Setelah kami merencanakan dengan matang, selanjutnya kami melaksanakan kegiatan. Dan penerapan pelatihan kami membagi dalam tahap-tahap kegiatan adalah sebagai berikut; a) Kegiatan ke 1; dalam kegiatan pertama, kami memberikan bahasa Inggris menggunakan Metode TPR; b.) Kegiatan Ke 2; Kami memberikan lagu dalam bahasa Inggris 3) Pendampingan, Dalam tahap pendampingan kami siap membantu apabila meminta kami kembali untuk mengadakan pelatihan yang serupa.


Keywords


TPR; Siswa; Motivasi; Lagu

Full Text:

PDF

References


Aziz Fachrurrozi & Erta Mahyudin (2016). Pembelajaran Bahasa Asing Tradisional & Konteporer. Penerbit PT RajaGrafindo Persada Jakarta.

Maili, S (2022). Metode Pembelajaran Bahasa Inggris SD (TPR Method). Gogyen Publishing. Yogyakarta

Richards, Jack C and Theodore S. Rodgers (2003). Approaches and Methods in Language Teaching, New York: Cambridge University Press.

Salliyanti (2004). Penggunaan bahasa Indonesia dalam lirik lagu. Universitas Sumatera Utara.


Article Metrics

Abstract has been read : 229 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/bac.v1i1.14887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sjafty Nursitti NP Maili, Mayang Pipiet, Dewi Mutiara Indah Ayu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.